Kasus Bullying dalam Prespektif Teori Konflik Ralf Dahrendorf

Image by freepik.comImage by freepik.comOspek telah menjadi bagian tradisi kehidupan perguruan tinggi di Indonesia. Perpeloncoan menjadi bagian dari tradisi ospek. Tradisi ini bahkan dilakukan secara turun temurun. Ada banyak kasus perpeloncoan yang berakibat buruk. Artikel ini menunjukkan bahwa terjadinya bullying karena adanya perbedaan posisi antara senior dan junior artinya adanya kesenioritasan antara panitia ospek dengan mahasiswa baru. Dalam kata lain adanya (Superordinat) yaitu senioritas mendominasi (Suborninat) yaitu mahasiswa baru dengan melakukan intimidasi terhadap korban berupa mengancam atau merendahkan korban yang berada di posisi yang paling rendah atau lemah. Perbedaan otoritas dan perbedaan kepentingan dapat memunculkan konflik. Sehingga memunculkan konflik adanya tindakan bullying berupa kekerasan verbal maupun non verbal yang terjadi di lingkungan kampus pada mahasiswa baru saat ospek dan dilakukan oleh mahasiswa senior nya. 

Mogok Kerja Animasi Anak Spongebob Squarepants dalam Prespektif Teori Fungsionalisme Struktural dan Teori Konflik

Aksi Protes SquidwardAksi Protes SquidwardPemogokan buruh atau pekerja dilakukan karena mendapatkan perlakukan tidak adil dari bos yang memiliki posisi kekuasaan lebih tinggi. Mogok Kerja dan demo merupakan hasil dari ketidakseimbangan kekuasaan di suatu kelompok masyarakat atau lingkungan pekerjaan. Tulisan ini mengangkat salah satu episode pada film seri anak-anak Spongebop Squarepants yang mengisahkan aksi mogok kerja yang dilakukan oleh Spongebob dan Squidward sebagai aksi protes kepada tuan Krabs. Spongebob dan Squidward mewakili keadaan dunia saat ini dimana banyak sekali perusahaan yang memberikan upah sangat rendah kepada buruh walaupun telah mengabdi cukup lama pada perusahaan tersebut. 

Masa Depan Buruh di Negara Dunia Ketiga

Bagi kaum sosialis, globalisasi ekonomi tidak ramah bagi kaum buruh, para pengusaha akan melindungi dirinya sendiri dengan sistem kapitalisnya dan para pengusaha gagal dalam melindungi kebutuhan rakyat dan pekerja

Telaah Konflik Sawit di Indonesia dalam Buku “Kehampaan Hak: Masyarakat vs Perusahaan Sawit di Indonesia”

Kehadiran industri kelapa sawit di Indonesia membawa dinamika baru dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal itu kiranya yang ingin disampaikan oleh buku “Kehampaan Hak Masyarakat vs Perusahaan Sawit di Indonesia”. Buku terbitan terbaru dari Yayasan Pustaka Obor Indonesia ini, hadir sebagai wacana tandingan atas pemerintah tentang janji kemajuan kehidupan bersama kelapa sawit. Buku ini fokus menyoroti tentang konflik-konflik yang terjadi antara masyarakat dengan perusahaan-perusahaan kelapa sawit. Konflik-konflik itu selalu terjadi dalam jangka waktu lama (tahunan) dan sering kali tidak memiliki akhir yang jelas. 

Penggunaan Platform Tiktok Persepektif Sosiologi Klasik

Platform TiktokPlatform TiktokTikTok dapat dilihat sebagai media sosial yang meningkatkan ketidaksetaraan ekonomi dan sosial di masyarakat. TikTok dapat dianggap sebagai alat yang digunakan oleh kelas pemilik modal untuk memonopoli sumber daya dan kekuasaan masyarakat

Kritik Terhadap Pemikiran Karl Marx: Religion as Alienation dalam Buku “Daniel L. Pals : Eight Theories of Religion”

Eight Theories of Religion (2nd Edition)Eight Theories of Religion (2nd Edition)Artikel ini merupakan kajian dari buku Daniel L. Pals yang membahas pandangan Karl Marx mengenai agama sebagai bentuk alienasi. Pals secara kritis mengkritisi pemikiran Marx yang menyatakan bahwa analisisnya tentang agama terlalu sempit dan mengabaikan peran kompleks agama dalam kehidupan sosial dan individu. Pals menyoroti bahwa agama juga dapat menjadi sumber harapan, identitas dan penghiburan dalam situasi ketidakadilan sosial. Dalam artikel ini, penulis menganalisis argumen Pals dengan menggunakan bukti konkret dan contoh yang mendukung kritiknya. Artikel ini juga membahas implikasi dan relevansi kritik Pals dalam pemahaman tentang agama dan alienasi dalam konteks sosial dan ekonomi saat ini. Dampak dan relevansi ini dalam memahami peran agama dalam masyarakat modern dan implikasinya terhadap perubahan sosial diperhatikan. Kesimpulan artikel ini merangkum kritik terhadap pemikiran Karl Marx tentang agama sebagai bentuk alienasi yang disampaikan oleh Daniel L.Pals. Berdasarkan analisis kritik yang telah dikemukakan, menggambarkan kompleksitas perdebatan mengenai peran agama dalam alienasi sosial.

Teori Strukturasi Anthony Giddens: Pengantar Diskusi

Tulisan singkat ini mendiskusikan beberapa gagasan penting Anthony Giddens, seperti mutual shaping, agency, reflexifity, dualisme struktural, dan beberapa gagsan dasar lain dari teori strukturasi

One-Dimensional Man Herbert Marcuse

Menurut Marcuse, masyarakat industri modern telah menciptakan sebuah sistem yang disebut sebagai "sistem satu dimensi", yang merujuk pada cara masyarakat tersebut mengendalikan pemikiran dan tindakan individu melalui berbagai cara seperti media massa, pendidikan, dan budaya populer.

Antropologi Simbol dalam Serial Animasi Anak Nussa

Kita tahu tontonan yang tersebar di dunia maya saat ini bisa dikatakan jauh lebih banyak mudharatnya daripada manfaat dan hanya sekedar menghibur penonton dan tidak ada manfaatnya nya bagi anak anak, apalagi mengenai nilai-nilai ajaran agama Islam. Artikel ini membahas simbol dalam serial animasi anak Nussa dalam prespektif antropologi. Menjadi menarik karena sebuah animasi anak dapat dikaitkan dengan antropologi simbol pembahasan terfokus pada konteks ilmu antropologi yang mana dikenal metodologi yang dilahirkan oleh antropolog bahwa studi antropologi terkait dengan manusia dibangun dari ketertarikan mempelajari manusia kecenderungan berpikir dan nilai – nilai yang dianut oleh kawasan tertentu dan sebagai objek kajian. Artinya ilmu antropologi mempelajari aspek manusia dari segala sesuatu. Artikel ini menggunakan metode pendekatan antropologi agama dan sejarah. Tujuan artikel ini untuk mengetahui sejarah terbentuk nya serial animasi Nussa dan untuk mengetahui simbol – simbol yang ada pada serial anak Nussa dalam prespektif antropologi. Sejarah terbentuknya serial anak Nussa, Corporate Secretary The Little Giantz terisnpirasi dari beberapa teman yang mengungkapkan bahwa belum banyak tayangan edukasi di era digital. Serial animasi Nussa mengusung tema islami yang mudah di pahami anak. Serial Nussa adalah salah satu dari hanya segelintir tayangan ramah anak dan edukatif di Indonesia. Adanya serial anak Nussa ini memiliki pengaruh baik bagi dunia hiburan anak Indonesia dan  bagi penontonya. Agama sebagai sistem kebudayaan artinya simbol / tindakan simbolik. Simbol adalah tanda sakral dalam kehidupan keagamaaan. Ka'bah juga dapat dikatakan sebagai simbol, Ka’bah menjadi benda sakral dan menjadi simbol bagi agama islam. Hal itu seperti yang di kemukakan oleh Geertz bahwa “Simbol bisa berbentuk objek fisik seperti ka’bah”. Karakter Rarra yang selalu berpenampilan tertutup dengan memakai hijab dan juga gamisnya yang panjang, serta karakter Nussa yang selalu memakai kopiah berwarna putih dan tentunya memakai gamis khusus laki-laki. Karakter yang di tapilkan pada serial animasi Nussa perwujudan dari simbol agama islam itu sendiri. Dengan menggunakan simbol - simbol tersebut memudahkan penonton mengetahui dengan jelas dan pasti bahwa serial animasi anak Nussa dan Rarra adalah sebuah serial animasi Islam. Agama tidak hanya sebagai sistem simbol komunikasi dengan Allah tetapi juga sebagai sistem simbol komunikasi dengan manusia.

Pengaruh Media Sosial Terhadap Pola Perilaku Remaja di Era Digital 4.0

Di era digital 4.0 saat ini, teknologi dan internet semakin canggih dan maju serta membawa berbagai dampak positif maupun negatif khususnya bagi remaja generasi Z. Adanya era digital 4.0, media sosial semakin dibutuhkan untuk berbagai macam kegiatan, seperti pendidikan, sosialisasi, bisnis dan entertainment. Media sosial tidak sepenuhnya memiliki pengaruh  buruk bagi remaja, karena dengan adanya media sosial, mereka dapat mencari passion atau jati diri mereka dengan mencoba hal-hal baru yang ada di dalam media sosial, seperti menjadi konten creator dan menjadi pembisnis jual beli barang secara online. Tetapi di masa peralihan kanak-kanak ke remaja, seharusnya mereka mencari jati diri nya dengan bergaul bersama teman-teman mereka. Remaja saat ini sering membiarkan dunia media sosial membentuk cara mereka memandang diri mereka sendiri. Pencarian identitas remaja di media sosial adalah bagian darinya. Identitas remaja akan diperkuat dan didukung oleh respon positif dari netizen. Dan, sebaliknya mereka juga mendapatkan reaksi negatif dari netizen yang dapat membuat mereka bingung akan identitas diri nya.

Tentang Kami

Rumah Sosiologi adalah komunitas independen tempat nongkrong para pecinta sosiologi seluruh Indonesia. Jangan lupa follow akun kami untuk mendapat update terbaru:

Ingin berkontribusi?

Hobby nulis? Punya info menarik soal jurnal, ebook, atau apapun yang berkaitan dengan sosiologi? Share donk di sini, daripada ditimbun, ntar basi :D. Baca CARA & PEDOMAN MENULIS.

Cari Artikel di Sini