Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan Metode PLA (Participatory Learning and Action)

Communit Based Development - Sumber: Pixabay.ComCommunit Based Development - Sumber: Pixabay.ComPemberdayaan masyarakat merupakan sebuah alternatif pembangunan yang harus berbasis pada masyarakat (Community Based Development), artinya pembangunan berawal dari masyarakat, dikelola oleh masyarakat, dan dimanfaatkan untuk masyarakat. Pemberdayaan dipahami sangat berbeda menurut cara pandang orang maupun konteks kelembagaan, politik dan sosial budayanya.

Salah satu metode untuk mempermudah proses pemberdayaan adalah metode PLA (Participatory Learning and Action) yang merupakan bentuk baru dari metoda pemberdayaan masyarakat yang dahulu dikenal sebagai "learning by doing" atau belajar sambil bekerja.  Secara singkat, PLA merupakan metoda pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari proses belajar tentang suatu topik, seperti pesemaian, pengolahan lahan, perlindungan hama tanaman, dll. Yang segera setelah itu diikuti aksi atau kegiatan riil yang relevan dengan materi pemberdayaan masyarakat tersebut.

Laporan: Polemik Tafsir Pancasila

Akhir-akhir ini kita disibukkan dengan berbagai pertanyaan penting seputar ideologi berbangsa dan bernegara, terutama dalam kaitannya dengan perkembangan ormas-ormas yang diduga anti-Pancasila. Laporan penelitian yang dipublikasikan oleh CRCS UGM ini fokus pada pertanyaan penting: bagaimana cara menentukan bahwa suatu ideologi atau organisasi telah bertentangan Pancasila?

Gaya Hidup Komunitas Cosplay Jepang Di Surabaya

Penelitian yang ditulis oleh Iftitakhul Laili Maghfiroh, Mahasiswi Prodi Sosiologi, FISIP, UIN Sunan Ampel (2017) ini sangat menarik untuk disimak. Iftita memaparkan gaya hidup cosplayer di Surabaya dengan mewawancarai beberapa informan yang memiliki hobby cosplay. Sebagian mereka adalah mahasiswa dari berabgai perguruan tinggi, termasuk perguruan tinggi Islam. Berikut ini pemaparan peneliti dalam abstrak penelitiannya (dengan editing seperlunya):

Laporan tentang Penanganan Masalah Penodaan Agama

Laporan ini ditulis oleh Zainal Abidin Bagir, dosen CRCS UGM dalam studi yang dilakukan oleh Program Studi Agama dan Lintas Budaya (CRCS) UGM dan Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD) Paramadina. 

Tentang Kami

Rumah Sosiologi adalah komunitas independen tempat nongkrong para pecinta sosiologi seluruh Indonesia. Jangan lupa follow akun kami untuk mendapat update terbaru: