Laporan: Polemik Tafsir Pancasila

Akhir-akhir ini kita disibukkan dengan berbagai pertanyaan penting seputar ideologi berbangsa dan bernegara, terutama dalam kaitannya dengan perkembangan ormas-ormas yang diduga anti-Pancasila. Laporan penelitian yang dipublikasikan oleh CRCS UGM ini fokus pada pertanyaan penting: bagaimana cara menentukan bahwa suatu ideologi atau organisasi telah bertentangan Pancasila?

Multitafsir Pancasila jelas tak bisa dihindari. Konstelasi politik dan keragaman kultur ikut serta memberi andil bagi munculnya berbagai tafsir Pancasila yang amat beragam. Laporan ini mencover beberapa isu penting:

  1. Pancasila dan Islam
  2. Pancasila dan organisasi/partai Islam
  3. Pancasila dan Marxisme/komunisme
  4. Pancasila dan demokrasi
  5. Pancasila pasca-Reformasi.

Laporan lengkapnya bisa diunduh di sini: Laporan CRCS - Polemik Tafsir Pancasila

DISCLAIMER

  1. Penulis bertanggung jawab penuh atas tulisan (termasuk gambar atau konten lain) yang dikirim dan dipublikasikan di Rumah Sosiologi, kecuali bagian-bagian yang dirubah atau ditambahkan oleh redaksi.
  2. Jika ada pihak yang keberatan dengan konten tulisan (baik berupa teks, gambar atau video) karena berbagai alasan (misalnya, pelanggaran hak cipta, pencemaran nama baik, atau hal lain yang melanggar hukum), silahkan menghubungi kami melalui email admin[at]rumahsosiologi[dot]com.
  3. Lebih lengkapnya, silahkan baca halaman DISCLAIMER