Introduction to Sociology 2e

Buku Introduction to Sociology 2e ini membahas dengan sangat komprehensif konsep-konsep utama sosiologi, sosiologi-sosiolog yang meletakkan dasar-dasar sosiologi, dan teori-teori yang berkembang dalam sosiologi. Buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca baik oleh mahasiswa, dosen, maupun pengguna umum yang tertarik dengan kajian sosiologi. Selain pembahasan utama, buku ini juga menyediakan review pada tiap bagian buku dengan pertanyaan-pertanyaan dan diskusi yang kaya dan sangat membantu mahasiswa untuk memahami konsep-konsep yang dipelajari dengan lebih baik.

Costly Tolerance

Toleransi kerap didefinisikan sebagai semacam sikap acuh-tak acuh atau membiarkan orang meyakini dan mmpraktekkan apa yang ia yakini sebagai kebenaran. Buku terbitan CRCS UGM yang bertajuk Costly Tolerance: Tantangan Baru Dialog Muslim-Kristen di Indonesia dan Belanda ini mencoba menawarkan sesuatu yang lebih dari sekedar sikap pasif dalam toleransi. Buku ini sangat penting dibaca oleh para akademisi, para pegiat dialog antar agama, juga para tokoh agama yang aktif mendidik ummatnya di akar rumput.

Social Theory after the Internet

Walaupun internet telah mengubah masyarakat secara fundamental dalam 25 tahun terakhir, namun teori komunikasi massa dan interpersonal yang ada saat ini tidak mampu memahami dunia digital dengan baik. Inonasi-inovasi baru dalam teori-teori sosial tampaknya juga tak banyak membantu. Ralph Schroeder mencoba mengembangkan mensintesis atas perspektif dan temuan dari berbagai disiplin ilmu sosial di empat negara: Amerika Serikat, Swedia, India dan Cina. Ia mengambil kesimpulan bahwa smartphone dalam banyak hal lebih penting daripada penggunaan internet berbasis PC.

Peace by Piece

Buku ini berisi sebelas esai terbaik dari sayembara Write a Piece for Peace 2017 yang diselenggarakan untuk mengembangkan bakat tulis-menulis anak-anak muda (16-25 tahun) oleh PUSAD Paramadina. Sebelas penulis yang terpilih adalah: Zafira Nuraini, Vanessa Ayu Setiawan, Mutmainna Tahir, Albertus Erwin Susanto, Ach Fawaid, Izzudin Baqi, Ach Taufiqil Aziz, Faisal Odang, Rizki Amalia, Hajar Ummu Fatih dan Wahyu Agung Prasetyo.

Perempuan dalam Relasi Agama dan Negara

Buku ini hadir dengan semangat membangun fondasi kebangsaan melalui isu dan kacamata perempuan. Melalui buku ini, perempuan tidak hanya dilihat sebagai obyek pasif, tetapi adalah aktor aktif yang melakukan proses negosiasi untuk mendefinisikan keberagamaannya dan kehidupan berbangsanya.

Tentang Kami

Rumah Sosiologi adalah komunitas independen tempat nongkrong para pecinta sosiologi seluruh Indonesia. Jangan lupa follow akun kami untuk mendapat update terbaru: