Cara & Pedoman Menulis

Rumah Sosiologi ini dirancang sebagai web yang kontennya berasal dari kontribusi para anggotanya. So, tulisan kawan-kawan sangat diharapkan. Penulis dipersilahkan menaruh iklan produk/usaha di bawah tulisannya. Syaratnya: produk/usaha harus milik penulis sendiri. Tidak diperkenankan mengiklankan produk/usaha pihak lain. Oh ya, untuk saat ini kami mohon maaf, rumahsosiologi.com belum bisa memberikan imbalan dalam bentuk materi, hanya ucapan terimakasih dari kami dan seluruh pembaca. :)

Silakan mengirimkan tulisannya ke alamat email kami di rumahsos.id[at]gmail.com. Jangan lupa melampirkan foto profil penulis, sedikit bio dan akun media sosial (Jika berkenan).

TIPS MENULIS

  1. Tuliskan pokok pikiran utama dalam tulisan pada paragraf pertama. Paragraf pertama sangat penting untuk mengajak pembaca meneruskan membaca keseluruhan artikel. Jika penulis mampu menunjukkan hal menarik dari tulisannya (yang berisi pokok pikiran utama tulisan) sejak paragraf pertama, pembaca akan berminat melanjutkan bacaan sampai akhir tulisan.
  2. Layar digital pada komputer, laptop atau hp memiliki karakter yang berbeda dengan kertas. Daya tahan dan kenyamanan mata ketika berhadapan dengan layar digital relatif lebih rendah daripada dengan kertas. Itu sebabnya Rumah Sosiologi menganjurkan untuk menulis artikel pendek. Tentu saja artikel panjang juga tak mengapa. Rumah Sosiologi akan menerimanya dengan senang hati.
  3. Cobalah juga untuk menulis dengan paragraf pendek. Secara psikologis, pembaca akan lebih mudah menikmati dan merasa nyaman membaca paragraf pendek. Pembaca akan mudah merasa bosan dengan paragraf yang terlalu panjang. Bagi pembaca yang tidak sabaran, paragraf panjang sering tidak dibaca utuh, tapi hanya 2 atau 3 kalimat awal paragraf.

ATURAN MENULIS

Rumah Sosiologi sangat menekankan pentingnya bagi setap tulisan yang dimuat di web ini bebas dari plagiasi. Sudah itu saja aturannya. :)

PERJANJIAN KONTEN

Dengan mengirim tulisan ke RumahSosiologi.Com, penulis dianggap menyetujui ketentuan-ketentuan di bawah ini:

  1. Hak cipta atas tulisan sepenuhnya ada pada penulis
  2. Penulis bertanggung jawab penuh atas tulisan (dan konten lain yang disertakan) yang dikirim dan dipublikasikan di RumahSosiologi.Com, kecuali bagian-bagian yang dirubah atau ditambahkan oleh redaksi
  3. Redaksi berhak mengubah sebagian konten tulisan. Jika penulis keberatan dengan perubahan tersebut, penulis dapat mengajukan keberatan melalui email: rumahsos.id[at]gmail.com

 

Terimakasih Atas Kontibusinya

Jabat Erat

 

Admin

 

Tentang Kami

Rumah Sosiologi adalah komunitas independen tempat nongkrong para pecinta sosiologi seluruh Indonesia. Jangan lupa follow akun kami untuk mendapat update terbaru:

Ingin berkontribusi?

Hobby nulis? Punya info menarik soal jurnal, ebook, atau apapun yang berkaitan dengan sosiologi? Share donk di sini, daripada ditimbun, ntar basi :D. Baca CARA & PEDOMAN MENULIS.

Cari Artikel di Sini