Peace by Piece

Buku ini berisi sebelas esai terbaik dari sayembara Write a Piece for Peace 2017 yang diselenggarakan untuk mengembangkan bakat tulis-menulis anak-anak muda (16-25 tahun) oleh PUSAD Paramadina. Sebelas penulis yang terpilih adalah: Zafira Nuraini, Vanessa Ayu Setiawan, Mutmainna Tahir, Albertus Erwin Susanto, Ach Fawaid, Izzudin Baqi, Ach Taufiqil Aziz, Faisal Odang, Rizki Amalia, Hajar Ummu Fatih dan Wahyu Agung Prasetyo.
 Buku ini berisi penuturan anak-anak muda tentang peristiwa konflik yang terjadi di sekitar mereka atau yang mereka alami secara langsung. Ada bocah 7 tahun yang berhasrat menjadi pembunuh akibat kerusuhan Poso; Gadis dari keluarga Ahmadiyah yang mengalami pahitnya diskriminasi sejak usia 3 tahun; Masjid kampung Jetis, Sukoharjo, yang mendadak kisruh karena diperebutkan tiga kelompok aliran; dan banyak lagi kisah nyata yang mungkin tak pernah kita bayangkan sebelumnya.
 
Buku ini sangat penting bagi siapa saja yang ingin mengetahui dan memahami secara lebih jernih konflik-konflik di Indonesia yang kerap kali membawa serta agama, etnis dan kepercayaan sebagai bagian dari konflik. Tak hanya itu, buku ini juga menawarkan gagasan untuk mengupayakan perdamaian, dari sudut pandang anak muda.